HARLAH PAI 2020: Adu Prestasi di Era New Normal

download (1)

Mahasiswa merupakan salah satu bagian dari generasi muda memiliki peranan yang sangat strategis dalam menentukan arah proses perjalanan Bangsa ini ke depan menuju kemandirian dan kedewasaan. Salah satu usaha yang paling efektif dan efisien dalam menghadapi proses tersebut adalah menumbuh kembangkan sikap mengenal dan memahami keadaan secara jelas di kalangan mahasiswa.

Era Globalisasi, telah menimbulkan suatu perubahan yang sangat dahsyat dalam berbagai aspek kehidupan Manusia yang menuntut kualitas Sumber Daya Manusia yang handal dan memiliki tingkat pengetahuan dan pemahaman luas yang menjadi benteng untuk menghadapi persaingan global ini, sehingga penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang luas menjadi syarat mutlak bagi setiap Bangsa agar Bangsa itu unggul dan memiliki kemampuan bersaing di dalam pergaulan regional maupun internasional.

Oleh karena itu, lembaga pendidikan formal terlebih lembaga pendidikan bernuansa keislaman harus mampu menciptakan generasi yang mampu mengembangkan sikap mengenal dan memahami keadaan secara jelas agar di era globalisasi yang sarat dengan perubahan moral dansosial yang berujung pada dekadensi moral dan sosial itu tidak menjadi momok yang mengkhawatirkan akan tetapi menjadi sumber inspirasi bagi  Pembangunan Bangsa dan Negara.

Melalui berbagai kegiatan positif seperti rangkaian dalam kegiatan Harlah PAI ini, diharapkan generasi muda dapat serta menumbuh kembangkan daya kreasi dan inovasi sehingga mereka memiliki kompetensi yang unggul dan menjadi benteng Nasionalisme yang kokoh. Menyikapi hal tersebut, sebagai mahasiswa Islam yang peduli dengan peran penting intelektual, kreativitas, dan jiwa sosial serta untuk memperingati hari lahirnya jurusan PAI IAIN Tulungagung, maka dari itu Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung menyelenggarakan kegiatan Gempita Hari Lahir Pendidikan Agama Islam (Harlah PAI) IAIN Tulungagung 2020 dengan tema Adu Prestasi di Era New Normal yang bertujuan utama menanamkan semangat menggali keilmuan dan mempertahankan jiwa sosial dan kebersamaan, baik dari mahasiswa itu sendiri maupun seluruh elemen masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan semangat sportifitas, integritas dan progresifitas para  pemuda dalam melestarikan seni  Islami serta intelektual keislaman sekaligus memunculkan pelajar yang kompeten dalam berpendidikan.

Kami Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam mengangkat judul diatas dengan alasan bahwa adanya pandemic Covid-19 yang melanda Indonesia tidak akan menjadikan lunturnya semangat untuk berprestasi sebagai salah satu pembuktian bahwa pendidikan mampu bersaing di berbagai era dan keadaan.

Kegiatan ini dilakukan dengan 4 macam perlombaan :

WhatsApp Image 2020-10-08 at 10.00.15

1. Lomba cipta puisi dengan tema “Jiwa Juang Pemuda” yang bebas diikuti semua orang dari berbagai kalangan di laksanakan mulai tanggal 20 agustus dengan dimulai proses pendafataran dan tanggal 20 september 2020 proses pengumuman. Pendaftar yang masuk 715 pendaftar dari berbagai macam daerah, lomba ini dilaksanakan  secara online dengan cara peserta mengirimkan karya lomba pada contac person. Pengambilan juara diambil juara 1,2,3 Harapan 1 dan harapan 2 dengan bentuk hadiah uang pembinaan + sertifikat. Adanya lomba ini bertujuan untuk menyaring kader-kader yang mampu mengolah literasi dengan baik yang diharapkan kedepannya akan terus berkarya untuk kebutuhan pendidikan Indonesia.

Juara 1 : Sofia mubarokah

Juara 2 : Muh. Effendy Labay

Juara 3 : Fatwah Wanda

Harapan 1 : Frendy setiawan

Harapan 2 : M. Thoriq Miftahudin

WhatsApp Image 2020-10-08 at 10.00.13

2. Lomba MTQ Se-Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari kader qori-qori’ah terbaik dengan harapan agar selalu membumikan Al-Qur’an, dengan ketentuan kuota 20 pa dan 20 pi dilaksanakan mulai tanggal 19 Agustus 2020 sebagai pendaftaran dan tanggal 19 september 2020 proses pengumuman. Lomba ini mengambil 3 kategori juara yaitu juara 1 pa dan pi, juara 2 pa dan pi serta juara favorit dengan hadiah uang pembinaan + sertifikat.

Juara 1 : M. Ihlal Al Faruqi dari Universitas Surabaya

Juara 2 : Ahmad Aditya Darmawan dari Iain Tulungagung

Favorit : Ahdan Fahdumi Tulungagung

WhatsApp Image 2020-10-08 at 10.00.11

3. Lomba Essay tingkat mahasiswa Se-Jawa Timur. Lomba ini bertujuan memberi tempat untuk para mahasiswa berlomba untuk menuliskan karya terbaiknya selama pandemi ini dan harapannya akan terus berkarya terbaik untuk pendidikan Indonesia. Kegiatan ini dimulai tanggal 21 Agustus 2020 sebagai tanggal pendaftaran dan tanggal 18 september 2020 sebagai tanggal pengumuman pemenang.

Juara 1 : Ummi Ulfatus Syahriyah dari IAIN Tulungagung

Juara 2 : Muhammad Ilham El Hakim dari Politeknik Negeri Malang.

WhatsApp Image 2020-10-08 at 10.00.14

4. Webinar Nasinal dengan tema “Arti New Normal bagi Pendidikan” kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan penghujung Harlah PAI di tanggal 19 september 2020 pukul 10.00 Via Zoom Meeting Dan Live Streaming Youtube HMJ PAI Iain Tulungagung dengan 2 pemateri  yang pertama Dr. Mufarrihul Hazin S.Pd.I, M.Pd (Dosen Pascasarjana STAIMA Al-Hakim Malang dan Tenaga Ahli DPR RI) , Pemateri yang ke 2 yaitu Ach. Dhofir Zuhry, S.Sos, M.Fil (Pengasuh Ponpes Luhur Baitul Hikmah dan Rektor STIF Al-Farobi Malang) diikuti lebih dari 150 peserta webinar dan untuk peserta yang aktif dalam webinar diberi special dorprize oleh panitia berupa voucher pulsa. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar adanya kesiapan untuk menghadapi pendidikan di era new normal akibat adanya pandemi ini materi yang di persiapkan oleh pemateri sangat bermanfaat untuk para pelajar  dan calon pendidik. (*)