Tim Mahasiswa dari FTIK UIN SATU Tulungagung berhasil menjadi Juara kedua dalam Kegiatan MUMTASH VIII (Musabaqah Mahasiswa Tafsir Hadis VIII) Tingkat Nasional di Universitas Ahamd Dahlan Yogyakarta

MUMTASH VIII (Musabaqah Mahasiswa Tafsir Hadis VIII) merupakan kegiatan lomba tingkat nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hadis Periode 2023/2024 Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Perlombaan ini terdiri dari 5 jenis lomba, yakni Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzul Hadis (MHH), Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), Karya Tulis Ilmiah, dan Video Grafis.

UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengirimkan satu tim untuk delegasi lomba Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ). Perlombaan ini merupakan lomba cerdas cermat yang bersifat tim dengan 3 orang anggota setiap timnya. UIN SATU mengirimkan Adjie Wahyu Kembara, Alfisya Humaida, dan Shima Khoiru Syafa’ah. Perlombaan ini dilaksanakan di gedung utama lantai 10 Universitas Ahmad Dahlan.

Sehari sebelum perlombaan dimulai, yaitu pada tanggal 2 Januari 2024, seluruh peserta mengikuti pembukaan dan Technical Meeting di Islamic Center UAD. Pada technical meeting juga dilakukan undian untuk menentukan lawan ketika bertanding pada keesokan harinya. Hasil dari undian ini, kontingen MFQ UIN SATU akan bertanding melawan kontingen MFQ dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, MAN Purworejo, dan MAN 2 Yogyakarta.

Keesokan harinya, pada hari Rabu, 3 Januari 2024 dilaksanakan babak penyisihan. Tim MFQ UIN SATU mendapat jadwal pada sesi ketiga pada pukul 10.30 WIB. Soal yang diberikan terdiri dari dua macam, yaitu soal paket regu yaang berupa pilihan ganda berjumlah 10 soal dan soal rebutan yang berjumlah 5 soal. Pada soal paket regu, mereka berhasil menyapu bersih soal yang diberikan dewan hakim. Sedangkan pada soal rebutan, tidak mendapat kesempatan untuk mendapat soal.

Dari babak penyisihan yang terdiri dari 17 tim, akan disaring sebanyak 10 tim yang diambil dari nilai tertinggi. Hasil dari perolehan poin, terdapat kesamaan nilai yang di dapat oleh peringkat 7 sampai 11, yaitu 1000, dan tim dari UIN SATU menjadi salah satu dari ke-lima tim tersebut. Alhasil, mereka harus bertanding lagi di babak penentuan. Dan pada babak tersebut, mereka mendapat skor tertinggi yang mengantarkan merekan maju pada babak semifinal.

Babak semifinal dilaksanakan pada sore hari di hari yang sama dengan pelaksanaan babak penyisihan. 10 tim yang maju pada semifinal akan dibagi rata menjadi 2 sesi dan diambil 3 tim dengan nilai tertinggi pada setiap sesinya. Di babak semifinal, tim UIN SATU mendapat urutan kedua setelah tim UIN SUKA dan akan bertanding lagi di babak final.

Pada hari Kamis, 4 Januari 2024 babak final pun dilaksanakan. Pada babak ini, 6 tim akan bertanding. Jenis soal berupa soal paket regu yang berjumlah 10 dan soal rebutan yang juga berjumlah 10 soal. Hasil akhir di babak final ini, tim dari UIN SATU mendapat skor akhir 1355 berada di urutan kedua setelah UIN Jakarta dengan skor 1520 dan mengalahkan UIN SUKA yang mendapat skor 1205. Acara penutupan dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Januari 2024 di Almpritarium UAD pada pukul 08.00 WIB. Pada acara tersebut tim MFQ UIN SATU maju sebagai peraih Juara 2 Musabaqah Fahmil Qur’an MUMTASH VIII.