Mahasiswi TBIN Presentasikan Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi di Semnas PBSI V Universitas Medan

Mahasiswi Tadris Bahasa Indonesia FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Uswatun Khasanah, menjadi pemakalah dalam Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia V di Universitas Medan pada Rabu, 6 Juli 2022.

Makalah yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Teks Laporan Hasil Observasi Bertema Pandemi untuk Siswa Kelas X” yang dipresentasikan Uswatun merupakan hasil penelitian di MAN 1 Trenggalek.

Makalah dengan co-author Koordinator Program Studi Tadris Bahasa Indonesia Ibu Dra. Siti Zumrotul Maulida M.Pd.I. ini, mengintegrasikan pandemi ke dalam bahan ajar teks laporan hasil observasi. Menurut Uswatun, integrasi tersebut penting dilakukan karena siswa dapat belajar secara kontekstual.

“Peristiwa pandemi akan menjadi catatan sejarah dalam kehidupan manusia terutama pelaku yang mengalami peristiwa besar tersebut. Tema pandemi yang dituangkan dalam pengembangan bahan ajar akan sesuai  dengan isu dan kebutuhan informasi,” ungkap mahasiswi dari prodi di bawah naungan Jurusan Pendidikan Bahasa ini.

Dari beberapa artikel yang ditelusuri oleh Uswatun, bahan ajar teks laporan laporan hasil observasi yang mengintegrasikan tema pandemi masih tergolong sedikit terutama untuk kelas X. Melalui penelitian dan pengembangan itu, Uswatun menghasilkan bahan ajar teks laporan hasil observasi bertema pandemi untuk siswa kelas X yang disusun dengan tema selaras mulai dari sampul sampai isi dan layak diterapkan dalam kegiatan belajar mandiri maupun terbimbing,

Berikutnya Uswatun memaparkan spesifikasi bahan ajar teks laporan hasil observasi bertema pandemi untuk siswa kelas X. Pengembangan bahan ajar ini didasarkan pada model pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan dengan paradigma Sukmadinata.

Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa bahan ajar teks laporan hasil observasi bertema pandemi dalam kategori “sangat layak” dengan persentase mencapai 96%. Meskipun demikian, bahan ajar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran setelah melalui penyempurnaan bagian terkecil pada aspek penyajian. (*)

Brosur Semnas